Mengonsumsi Jus Ketika Hamil Tidak Selalu Menyehatkan

Image result for fruit juice
Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui makanan yang dikonsumsi. Selama hal tersebut dapat dilakukan, maka Anda tidak membutuhkan tambahan suplemen vitamin. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan konsumsi jus untuk ibu hamil secara rutin setiap hari karena di dalam buah terkandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda selama masa kehamilan.

Meskipun begitu, ternyata Anda tetap harus waspada loh saat mengonsumsi jus selama masa kehamilan. Sebab ternyata tidak semua jus aman Anda konsumsi. Agar Anda dapat menikmati jus dan mendapatkan manfaat tanpa membahayakan kehamilan, bisa memperhatikan beberapa hal berikut:

·         Jenis buah

Ingatlah bahwa meskipun alami kenyataannya tidak semua buah aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Ada beberapa buah yang memiliki beberapa kandungan yang dapat merangsang kontraksi dan hal ini tentunya sangat berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil. Khususnya ketika Anda mengonsumsinya saat kehamilan masih terlalu muda. Salah satu buah yang mengandung zat yang dapat merangsang kontraksi yaitu nanas.

·         Jus alami

Jus merupakan salah satu minuman yang harus selalu ada dalam menu harian ibu hamil. Hanya saja, banyak yang memilih untuk mengonsumsi jus kemasan dibandingkan dengan jus alami buatan sendiri. Alasannya adalah karena jus kemasan ini praktis dan rasanyapun enak. Padahal jus kemasan rata-rata tidak terbuat dari 100% buah murni ddan cenderung mengandung gula dalam kadar yang cukup tinggi. Selain itu jus kemasan juga mengandung pengawet yang kurang baik untuk perkembangan janin. Namun bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali mengonsumsi jus kemasan, karena memang akan merepotkan jika Anda harus membuat jus alami saat sedang bepergian. Hanya saja konsumsilah jus alami buatan sendiri saat berada di rumah, dan hanya konsumsi jus kemasan saat Anda bepergian. Selain itu pilihlah jus kemasan khusus untuk ibu hamil yang aman dan telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Selain kedua poin di atas, memperhatikan bagaimana kualitas buah juga sangatlah penting. Pastikan buah yang dijus adalah buah yang masih segar. Namun berhati-hatilah dengan zat kimia yang terkandung dalam buah selama masa perawatan, karena terkadang banyak yang menggunakan zat kimia berbahaya untuk menjaga agar buah menjadi lebih tahan lama dan bebas hama. Jadi Anda harus pintar dan teliti dalam memilih. (Vita)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger